Kadang kala saat melakukan perjalanan jauh dengan mobil akan menemui bau terbakar di dalam mobil. Bau terbakarnya semacam khas bau bagian komponen mobil yang kepanasan. Entah itu bagian mana yang gosong atau terbakar, maka perlu diketahui lebih lanjut.

Biasanya bau terbakar pada mobil mempunyai penyebab yang beda-beda. Kadang kala munculnya mobil bau terbakar itu bisa bersifat normal dan bisa jadi sebagai tanda-tanda adanya kerusakan mobil.

Perlu digaris bawahi bila menemui mobil bau terbakar adalah janganlah panik. Tetap tenang. Jangan berimajinasi bahwa akan terjadi kebakaran mobil atau yang lainnya. Sebaiknya cari tahu dahulu sumber bau terbakar tersebut. Bisa jadi bau terbakar ini merupakan kondisi normal. Normal dan tidaknya bau mobil terbakar atau gosong ini bisa ditentukan bila sudah mengetahui sumber bau terbakar dan penyebabnya

Contoh kejadian saat menemui mobil bau terbakar dalam kondisi normal adalah saat mobil melaju di jalan tanjakan yang menukik. Penyebab bau mobil terbakar ini karena terjadinya slip kampas kopling yang menjadi panas dan akhirnya muncul bau gosong atau bau terbakar.

jika cara menginjaknya tidak benar maka akan timbul masalah. Salah satunya menyebabkan bau kopling seperti hangus terbakar, dan kebanyakan terjadi ketika jalan macet atau menanjak.

Cara seperti itu, selain dapat menjadikan kopling terbakar dan menimbulkan bau kurang sedap, bisa juga membuat kampas kopling menjadi cepat habis. “Karena pelat kopling bersentuhan dengan pressure plate. Digesek dalam kecepatan tinggi, semakin gosong kampas koplingnya dan bisa cepat habis.”

Cara menginjak pedal kopling saat jalanan macet atau menanjak, gampang-gampang susah. Cara paling bijak dengan memanfaatkan rem tangan atau rem parkir. Jangan memaksakan setengah kopling di kondisi macet dengan kontur jalan menanjak.

“Jika dilepas terlalu cepat mesin akan mati, akhirnya setengah kopling yang diinjak oleh pengemudi, tetapi hasilnya ya seperti itu, timbul bau kopling seperti terbakar,”

Advertisements